PL PB
1. Pentateuk. 1. Injil, Kisah Rasul
2. Sejarah. 2. Surat Paulus+ Ibrani
3. Sastra Kebijaksanaan 3. Surat Katolik
4. Nabi-nabi 4. Wahyu
Penulisan KS PB
Bahasa: Yunani
Isi: Tentang Yesus (hidup & karya)
Gereja yang dibentuk
Cara hidup gereja
Tantangan yang dihadapi gereja dan ziarah menuju akhir zaman
Fungsi: mendokumentasikan sejarah hidup Yesus dan sejarah hidup Gereja
Salah satu sumber iman yang otentik dalam gereja
Sumber pengajaran iman bagi Gereja.
Yoh 1:14.
Injil: Evangelion: Eu: baik, angelion: kabar
Isi: Yesus Kristus
Ada dua Injil
-Kanonik: Yang diakui oleh Gereja
-Apokrif: Injil Tersembunyi
Injil Kanonik
-Injil Sinoptik: Sin: sama optik: lihat
Ada persamaan dan kemiripan. Sama-sama berbicara tentang Yesus, tekanan teologi beda tetapi alur ceritanya sama.
Empat Injil semula dituturkan secara lisan.
Abad 9 SM Kitab Suci mulai ditulis
abad 3-2 SM terbentuknya Kitab Tanakh.
Surat Paulus ditulis lebih dahulu.
Ada lima tradisi sebagai bahan untuk menulis tentang Kristus.
1. Kisah sengsara.
Kesengsaraan: tanda kasih Allah, Allah menyelamatkan.
2. Kisah mukjizat
Mukjizat yang dibuat Yesus untuk meneguhkan ajaran-Nya.
Ada empat jenis mukjizat
* Pengusiran setan (Tidak ada di Injil Yohanes)
*Pembangkitan orang mati (Lukas & Yohanes)
*Mukjizat alam.
*?
3. Perumpamaan
4. Kisah Asal Usul
5.?
Kumpulan logia (Kata bermakna)
-Siapa bertelinga hendaklah ia mendengarkan
Ada dua mukjizat yang dipilih dalam Injil Lukas 1:1-4
Perbandingan Injil Sinoptik dan Injil Yohanes.
Yohanes
Isi: Narasi reflektif
2 ikan dari seorang anak.
Mukjizat: ada 7
Tidak ada mukjizat pengusiran setan.
Tema: kemuliaan, kebenaran & abstrak
Kronologi pelayanan: 3 tahun
Topografi: Yerusalem - Galilea (PP)
Isi teologi tertentu: tidak ada warta pertobatan.
Tidak ada penyembuhan orang kusta.
Sedikit saja cerita tentang pemungut cukai yang bertobat.
Kosa kata: Siloam, Rabi, Kefas, Golgota.
Injil Sinoptik
Narasi biasa
Singkat dan panjang
Roti dari murid-murid
Banyak kisah mukjizat
Kronologi perjalanan satu tahun (Galilea- Yerusalem)
Isi teologi: Banyak warta pertobatan.
Banyak kisah pengusiran setan
Banyak kisah penyembuhan orang kusta.
Banyak Kisah pemungut cukai yang bertobat.
Cerita apa adanya.
Teologi Injil Yohanes
Kristologi
Yesus sebagai Kristus, Mesias, Anak Allah, yang diutus oleh Bapa untuk menyelamatkan dunia dan manusia.
Logos: Sabda berinkarnasi menjadi manusia. Yesus adalah logos bereksistensi.
Pneumatologi
Roh kebenaran, penolong & kebenaran.
Peranan Roh Kudus sesudah Yesus melalui hembusan kepada para Rasul yang memimpin kepada kebenaran, menginsyafi dosa, menyertai dan meneguhkan para Rasul.
Eklesiologi
Gereja bukan insitusi tetapi persekutuan dengan Yesus. Yesus sebagai gembala yang baik (Yoh 10:1-18). Yesus sebagai pokok anggur (Yohanes 15:1-8)
Gereja berkoinonia dengan dengan Yesus sebagai pokok Anggur.
Sakramentologi
Yoh 3:5 "Sakramen Pembaptisan"
6:51-58: "Imamat, Krisma, penghapusan dosa"
2:1-11: "Sakramen perkawinan"
12:1-8: "Sakramen pengurapan orang sakit"
Yesus menghadirkan sakramen untuk pelaksanaan tindakan penyelamatan.
Ekskatologi (Teologin akhir zaman)
Misteri inkarnasi sudah tapi belum final. Yang percaya Yesus sudah masuk dalam kehidupan kekal.
Teologi Moral
Kehidupan Kristus: Iman akan Yesus Kristus, menerima Yesus: menerima Bapa juga. Sedangkan menolak Yesus berarti hidup dalam kegelapan, menjauh dari terang, berada dalam dosa. Saling mengasihi (15:9-17).
Teologi Sinoptik
Injil Matius
Kristologi
Ada beberapa aspek Kristologi Matius
- Yesus Sang Guru; mewartakan kerajaan Allah dalam pengajaran, ada wibawa dan martabat mesianik.
-Yesus mesias terjanji Telah dinubuatkan dalam PL.
Matius mengutip PL tentang kedatangan Mesias.
Mik 5:1, Jos 11:11, Yes 40:3, 7:14, 9:1-2, Zak 9:9, 11:12-13, Yer 32:6-9. Mazmur 6:9-12 & 22:19.
-Musa yang baru
Musa menerima hukum lama (Taurat), Yesus menerima hukum baru (Cinta kasih).
Musa: Eksodus Mesir ke tanah terjanji
Yesus: Eksodus dari dosa menuju hidup abadi.
-Anak Daud yang terurapi. Mesias dikaitkan dengan keturunan Daud, mesias politik.
-Yesus hamba Yahwe yang menderita
- Yesus anak manusia
- Yesus anak Allah. Saat pembaptisan, "inilah Anak-Ku" saat transfigursi " inilah anak Allah" prajurit di salib "sungguh Ia ini Anak Allah"
-Yesus sebagai Tuhan Kyrios.
Orang Majus menyembah Yesus, orang kusta, dan para muridnya.
Eklesiologi
Israel sejati: Israel baru yang Terima Yesus
Universal (Mencakup segala bangsa dari segala zaman dan segala tempat).
Umat Allah: selaraskan hidup dengan kehendak Allah
Otoritas Suci
Memiliki hukum dan peraturan
Gereja disertai TUHAN.
GEREJA menanti kedatangan Tuhan.
Teologi kemuridan
Para Rasul: Prototipe kemuridan
Surat-surat Korpus Paulinum (14)
* Surat Roma
Alasan penulisan: karya Paulus sudah selesai di Timur. Rencana perjalanan ke Spanyol dan butuh penerjemah karena Paul tidak mengerti bahasa Latin (Rom 15)
Ingin membentuk dan menguatkan iman orang Roma.
Adanya pragmatisme yang ganjil dalam jemaat Roma (3:8, 6:1).
Paulus meminta untuk berkumpul bersama untuk berdoa sebelum mengantar bantuan ke Yerusalem (15:30-31).
Memampukan pergumulan teologi di Timur dan akan membentangkan seluruh refleksi kepada seluruh jemaat di Barat.
Tema-tema utama
Pembenaran-Kebenaran Allah: Kesetiaan kepada janji-Nya
Iman- tanggapan atas Wahyu Allah
Kuasa dosa, kuasa Roh
Kuasa hukum taurat mengenal dosa
Kristologi: peranan Kristus sebagai penyelamat/penebus.
Eklesiologi: Gereja belum tersusun sistematis. Jemaat umat Allah yang berkumpul dalam iman.
Sejarah Kudus: sejarah manusia sejarah Kudus: tindakan Allah menyelamatkan manusia.
Sejarah keselamatan dalam perspektif ekumenis: Israel mewajibkan sunat Namun di dalam Kristus sunat tidak berlaku dan terbuka kepada bangsa-bangsa.
Wahyu
Bentuk literatur: Nubuat, apokaliptik
Teologi Why
Allah Bapa yang mewahyukan diri.
Kristologi: Kristus yang menyapa manusia, anak manusia, anak domba,
Pneumatologi: ada tujuh Roh
Eklesiologi: Umat yang berziarah sebagai pemenang dari tantangan, Romawi yakni penyembahan kepada kaisar Romawi.
0 Comments